Senin, 30 Mei 2011

Blogilicious horas Medan [Blogilicious 3]

Blogilicious horas MedanSebelum artikel Blogilicious horas Medan ini saya tulis, banyak sekali pertanyaan dalam hati saya mengenai Film Super Hero Spiderman 4. Kapankah di tayangkan film Spiderman 4 yang merupakan kelanjutan Spiderman 3? Seberapa lamakah kita menunggu? Apa penyebabnya? Selidik punya selidik, ternyata Tobey Maguire yang merupakan aktor yang berperan sebagai Peter Parker sedang asyik ngeblog dikarenakan ikut acara Blogilicious horas Medan. Lho, kok bisa? Baca dulu penjelasan yang "unic content" berikut ini.... (hehehe, asal ga mengarang dongeng). :D


Kali ini, Saya gak lagi menceritakan Sinopsis Novel atau memberikan link Download Novel Islami seperti biasanya. Dengan maksud me-refresh blog Buku Keluarga Islam, saya akan menjelaskan tentang Blogilicious horas Medan yang katanya sich sangat besar pengaruhnya bagi para blogger khususnya Blogger Medan. Horas…!!

Apa sich Blogilicious horas Medan itu?Blogilicious horas Medan

Blogilicious horas Medan yang artinya “Fun-nya ngeblog, pentingnya nge-blog berkualitas sekaligus delicious-nya hasil nge-blog.” adalah sebuah event semi workshop sekaligus sebagai keyword semi SEO yang diadakan oleh idblognetwork.

Kebetulan, kota Medan lah yang merupakan kota ke-3 (sehingga saya sebut Blogilicious-3) setelah sebelumnya idblognetwork mengadakan event blogilicious di kota Surabaya dan Makassar. Dalam Visinya, event ini bertujuan untuk :

“Mengajak anak muda Indonesia menjadi 'positive blogger' yang nantinya akan menjadi ujung tombak dari bagian “positive netizen” yakni Gerakan Positif Blogging yang mewartakan hal-hal positif untuk Netizen (Internet Citizen/ Warga Digital) Indonesia dengan mengambil SEMANGAT dan NILAI PATRIOTISME Anak Muda Indonesia dimana untuk saat ini BLOGGER juga merupakan salah satu ujung tombak pemberitaan dan pencitraan.” [1].

Untuk mewujudkan visi Blogilicious horas Medan inilah maka berbagai materi di berikan dalam event yang berlangsung selama 2 hari di Food Court Mall Grand Palladium in Medan, Sumatera Utara. Materi yang di berikan pada hari ke-1 yaitu Tips Blogging, Etika NgeBlog, Mobile Blogging, Social Media dan Blog Monetizing. Sedangkan pada hari ke-2 diberikan 4 materi lagi yang terdiri dari Blogpreneur, Themes Design, SEO, dan Web Security.

Wah, 4 materi yang terakhir inilah yang gak kalah penting dari materi di hari ke-1. Namun sayang, sebagian pemateri terlalu cepat memberikan penjelasan bahkan ada salah satu pembicara sempat mengeluarkan kalimat “Cari aja di Google” kepada para peserta. Entah karena dia malas menjelaskan, gak sempat waktunya atau supaya peserta newbie seperti saya ini bisa mencari dan belajar sendiri dari Mbah Google (Semangat..semangat...!!)

3 Pertanyaan untuk Blogilicious horas Medan

Dalam event Blogilicious horas Medan ini saya sebagai peserta sempat mengajukan 3 pertanyaan ke pada pemateri. Alhamdulillah 2 dari 3 pertanyaan itu telah dijawab. 1 pertanyaan kepada mbak Mubarika, dan 2 lagi kepada Bang Putra Nasution.

Apa boleh blog/web yang memasang banner dari PPC lokal lain seperti kumpulblogger kepunyaan maz kukuh.tw join dengan idblognetwork?"

Jawaban yang saya dapat mengatakan bahwa tidak boleh, karena sesuai dengan TOS idblognetwork melarang blog yang berisikan iklan2 “dewasa” seperti yang sering tampil di kumpulblogger walaupun idblognetwork sendiri juga kepunyaan mas kukuh. So, kita terpaksa harus memilih antara bergabung dengan kumpulblogger (mudah di approve, namun Erningnya kecil tiap 1 klik) atau di Idblognetwork (sulit di approve karena TOS nya lebih selektif, namun Erningnya jauh lebih besar). Hayyo... pilih mana?

Pertanyaan lainnya yaitu buat Bang Putra :
Apakah ada web validator atau aplikasi lain yang dapat mem-preview tampilan blog/situs dengan browser mobile (contohnya Opera Mini)?
Apakah bagus plugin-plugin atau tools yang dapat mengcompress situs agar loading pagenya cepat?"

Nah, dari 2 pertanyaan itu, hanya 1 pertanyaan yang di jawab oleh bang Putra. Dia menjawab “Belum ada situs validator untuk mem-preview tampilan situs di mobile browser. Biasanya, tampilan situs yang menjadi rusak/kacau di mobile browser dikarenakan ada kesalahan susunan Html/CSS yang gak bisa ditolerin oleh mobile browser."

Saran untuk Blogilicious horas Medan

Blogilicious horas MedanSecara keseluruhan, event Blogilicious horas Medan memang dikatakan berhasil dan sangat menyenangkan. Mulai dari isi materi, cara penyampaian pembicara, souvenir buat peserta (kaos, sertifikat, dll) bahkan nasi kotak dan Snack yang diberikan panitia buat para peserta (hmm.. Nyummi). Untuk lebih mempererat jaringan/ perkenalan sesama blogger, sebagai blogger Medan, saya punya usul agar dalam penyusunan bangku dalam event-event ke dapan agar lebih di dekatkan lagi antar seluruh peserta. Bukan di buat terpisah atau berkelompok. Alhasil, tiap peserta hanya mau duduk dan membuat kelompok masing-masing tanpa mau duduk di dekat blogger lain yang tidak di kenalnya (atau tidak datang bareng bersamanya ke event tersebut).

Wah, seharusnya jika susunan bangku lebih disusun maka event Blogilicious horas Medan dapat juga dijadikan ajang perkenalan sesama blogger baik dari Medan atau kota lainnya yang hadir pada saat event berlangsung.
(waduh kok nyalahin susunan bangku? Dasar sayanya yang malas jalan. Abiis... bangku-bangku yang letaknya strategis dah pada dihuni) :(

Jadi setelah mengikuti event Blogilicious horas Medan, sudah tahu kan betapa lezatnya nge-blog?! Mari kita semarakkan kontes semi SEO Blogilicious horas Medan...!! Dan tak lupa sambil menunggu tayangnya Spiderman 4 di Bioskop Medan tentunya. (walah, kampanye pulak, hehehe).

Special thanks to :

Ohya, tak lupa saya sampaikan ucapan terima kasih kepada :
Maz kukuh (owner Idblognetwork dan http://kukuhtw.com) sebagai fasilitator.
Mbak Ajeng (http://www.muslimah.web.id) yang telah membawakan acara ini sehingga "Gak Ngebosenin".
Nicholas Sihotang (http://nichpakaich.net) sebagai Penanggung Jawab Panitia Lokal MEDAN
Jonru Ginting (http://www.jonru.net) yang Ramah dalam mengajarkan Tips Penulisan Blog dan Inspirator Blogger SUMUT yg Sukses.
Fikry Fatullah atas Unic Contentnya (terkhusus gambar Sapi berwarna Ungu itu, Siip dech) sehingga menginspirasi tulisan Blogilicious-3 yang unik ini.
& seluruh Panitia yang terlibat... (thanks and Salam Kenal)
:)

kutipan :
[1] http://eevent.com/nichpakaich/idblogilicious-medan-2011

Anda sedang membaca artikel tentang Blogilicious horas Medan [Blogilicious 3] dan anda bisa menemukan artikel Blogilicious horas Medan [Blogilicious 3] ini dengan url https://bukukeluargaislam.blogspot.com/2011/05/blogilicious-horas-medan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Blogilicious horas Medan [Blogilicious 3] ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Blogilicious horas Medan [Blogilicious 3] sebagai sumbernya.

15 komentar:

khadri mengatakan...

mau tau lebih detail tentang blogilicius kk ...???
visit http://www.blog-guru.web.id/2011/05/idblogilicious-horas-medan-di-mata-guru.html

31 Mei 2011 pukul 21.14
Daeng Kumis mengatakan...

wah... mantap pula ini medan ee... hehehe ... semoga menang yaa.. salam dari makassar :D

31 Mei 2011 pukul 23.17
Zulfirman mengatakan...

horas dari Medan.
makasih Gan atas kunjungan di blog sederhana nich.
:)

1 Juni 2011 pukul 09.00
Zulfirman mengatakan...

@Kahidari : Wah, ada yg Promosi nich. Tapi gak apa dech. Sesama Blogger Medan kita jalin persahabatan dan jaringan komunitas. :)

1 Juni 2011 pukul 09.07
sibair mengatakan...

wuih blogilicious medan acaranya seru :D

1 Juni 2011 pukul 10.42
iPul dg.Gassing mengatakan...

wuih, mantap acaranya Medan..
sukses terus untuk para blogger

1 Juni 2011 pukul 14.06
Unknown mengatakan...

waahh... senang bisa singgah dan membaca artikel ini, mantap! :)

6 Juni 2011 pukul 15.57
BBM Booster mengatakan...

Penggabungan antara Spiderman dengan Blogilicios Medan, menghasilkan Blogilicious-3. Ide yang keren dan unik, gaya penyajian yang mudah dicerna dan gak keluar dengan thema yang di bahas. Good luck maz...!!

7 Juni 2011 pukul 10.06
Yaa Rahman Technology mengatakan...

artikel blog lain isinya pada CURHAT dan cerita panjang lebar. namun disini, simple, unik dan ada ilmu yang di dapat setelah membacanya terutama di bagian 3 Pertanyaan untuk Blogilicious horas Medan.
Makasih atas sharing ilmunya maz. salam kenal.

7 Juni 2011 pukul 10.12
Chici mengatakan...

Wah bg aku setuju mslh pnyusunan bangku itu, pdhl niat awal iktn biar makin knl ama sesama blogger Medan
*sesama dapet tempat duduk yg ngk strategis

Salam kenal ya bg :)

8 Juni 2011 pukul 09.58
Eko Eshape mengatakan...

Tulisan yang cerdas dan berisi.
Tidak hanya memuji tapi juga memebri masukan.

Bagus nih.

Sebagai mantan orang Medan dan masih jadi admin milis linux-medan, bangga deh ada acara di medan yang sebagus ini.

Salam sehati

17 Juni 2011 pukul 07.44
Zulfirman mengatakan...

Wah, kedatangan admin Linux-Medan nich. :)
jadi segan ada master yang masuk di blog yg sederhana kek gini.
makasih maz atas kunjungannya.

Salam Sehati juga...!!

17 Juni 2011 pukul 08.19
Meri Wardana mengatakan...

mantap..salam kenal dari blogger palembang

21 Juni 2011 pukul 13.19
distributor sprei mengatakan...

Wow good blg, design and appearance of your blog is unbelievably good. Your article also nice greetings tulispun successful
sprei
sprei murah
bedcover

16 Desember 2011 pukul 20.43
Unknown mengatakan...

ini salah satu event keren :)

29 Mei 2014 pukul 12.31

Posting Komentar

 

firmahn's Profile on Ping.sg