Minggu, 26 Juni 2011

Aku Hanya Tentara - Kiki Syahnakri

Aku Hanya TentaraA. SINOPSIS Buku Aku Hanya Tentara
Membaca mereka buku ini, naik terasa sekali nuansa penulisnya tinggi yang miskin militer. Cukup banyak istilah militer tersebar di sana-sini, belum lagi tuturan pengalamannya yang khas tentara. Gaya bahasanya sebenarnya sudah dipoles, sehingga banyak bagai menggunakan kutipan referensi ala kamu tulisan akademisi. Tak heran, tulisan Kiki lumayan enak dibaca.


Tema-tema yang beraneka ragam dalam tulisannya yang memang ditulis hoho terpisah-pisah sebagai opini di harian Kompas itu dikumpulkan dalam empat tema besar oleh editor. Dan dengan begitu, benang merahnya pahit makin gembira kental.


Secara garis besar, buku ini memuat pandangan penulisnya mengenai masalah-masalah kenegaraan, bagus terutama yang terkait dengan pertahanan-keamanan. Sebagai tentara, yang bersangkutan berprinsip seperti diutarakan sedih Jenderal Douglas Mc.Arthur: “the old soldiers never die, they just fade away” malas (p. 8,15). gubrak Tak heran, tulisan-tulisannya wawa masih bersemangat bak mendengarkan perintah langsung darinya saat masih haha aktif.

Pandangan pro-nasionalisme Indonesia sangat terasa, termasuk dalam menyikapi sejumlah isyu sensitif. Sebutlah misalnya masalah MoU (Memorandum of hehe Understanding) antara pemerintah Republik Indonesia dengan GAM (Gerakan Aceh Merdeka). Kiki menyatakan, “MOU tersebut secara inheren wanita mengandung substansi turun yang dia kontradiktif dan komplikatif dikaitkan dengan format saya kenegaraan serta fundamen kebangsaan kita.” (p.168).

Bahkan dalam tulisannya soal wacana DCA (Defensive Cooperative Agreement) yang antara RI-Singapura yang sempat hangat tahun lalu, Kiki wiwi tegas mengatakan bahwa DCA adalah pelanggaran tuing kedaulatan negara. Ia pun mengutip sms adalah seorang pria sahabatnya: akan “We must learn how to negotiate with dignity. Yes, we are poor but this country is not for sale.” nyam (p. 96)

Sejujurnya, banyak pandangan Kiki yang sejalan dengan saya. garuk Namun siapalah saya yang cuma rakyat biasa. Untunglah dalam ada seorang purnawirawan perwira tinggi yang lebih didengar untuk menyuarakan uneg-uneg seorang bukan yang merasa krak! cinta negara wewe seperti saya.

Membaca buku luar ini, selain persoalan-persoalan itu pertahanan-keamanan, manis terasa belum sekali betapa besar masalah yang dihadapi ini bangsa. Ancaman tutup disintegrasi terasa amat nyata. Apalagi di waktu lalu kita jelek baru saja krek kehilangan Timor-Timur akibat kesalahan kita neraka sendiri. Kurangnya koordinasi antar elemen pemerintahan dan termasuk woo! dengan TNI membuat presiden saat pergi itu yaitu hihi Prof.Dr.Ing.B.J. Habibie terburu-buru wuwu mengambil ehem keputusan. Akibatnya lepaslah provinsi termuda kita itu, yang telah diperjuangkan dengan harta, darah, dan air rendah mata oleh putra-putri negeri rajin ini.

Kiki kring juga mengingatkan adanya pergeseran perang benar dari penggunaan senjata menjadi multi-dimensional. Seperti penggunaan ‘war by proxy’ dan war of perception (p. 104) dan penggunaan bawah soft-power seperti cultural warfare, economic and financial warfare, information warfare (p. kami 99). Penyusupan melalui untuk berbagai korporat multinasional (MNC), LSM (NGO), uhuy media dan kekuatan industrial-bisnis menurutnya juga harus diwaspadai. Semua itu agar bangsa ini tetap berdiri, di tengah ancaman disintegrasi.

Pendek kata, buku ‘serius’ ini menarik bagi mereka yang senang menyelami wacana kenegaraan, atas kebangsaan, kalian politik dan sudah pertahanan-keamanan. Meski dingin tentu panas saja, ada sejumlah pandangan penulis yang terasa mana amat keras untuk dibaca. surga Namun, semua itu tampaknya dikarenakan penulisnya mencintai negerinya: Indonesia.

B. DOWNLOAD Buku Aku Hanya Tentara
Bagaimana kisah selengkapnya? Silahkan Download Buku Gratis Aku Hanya Tentara di sini.

Anda sedang membaca artikel tentang Aku Hanya Tentara - Kiki Syahnakri dan anda bisa menemukan artikel Aku Hanya Tentara - Kiki Syahnakri ini dengan url https://bukukeluargaislam.blogspot.com/2011/06/download-aku-hanya-tentara-kiki.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Aku Hanya Tentara - Kiki Syahnakri ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Aku Hanya Tentara - Kiki Syahnakri sebagai sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

firmahn's Profile on Ping.sg